Senin, 26 Maret 2012

Safety first

Keselamatan pengelasan adalah sangat penting untuk mengikuti aturan-aturan keselamatan ini berkenaan dengan pengelasan karena potensi kejutan listrik. Seperti yang mungkin anda sudah tahu, alat pengelas DC menghasilkan kira-kira 100 volt. Apabila seseorang menyentuh pegangan elektroda alat pengelas dengan dua kutub yang berlawanan (searah dan bolak-balik) secara bersamaan, tegangan akan berlipat ganda menjadi tingkat gangguan fatal sebesar 200 volt !!.
Mesin pengelas harus diberi tanda sebagai berikut :
Searah  = Kuning
Bolak-Balik  = Merah
Pegangan elektroda pengelas harus diberi warna :
Searah  = Kuning
Bolak-Balik  = Merah
Catatan !!! Adalah tanggung jawab penuh orang yang mepersiapkan pengelasan untuk mengetahui kutub apa yang ada sebelum meneruskan pekerjaan. Juga, elektroda dan mesin pengelas harus mempunyai warna yang cocok sebelum digunakan.
Alat pengelas tidak diperbolehkan untuk dipergunakan mengelas dengan kutub yang berlawanan (searah dan bolak-balik) yang berjarak kurang dari sepuluh kaki.
Apabila mengelas dengan sistem induk distribusi listrik (kelompok enam) semua sistem pendistribusian listrik akan digunakan dengan kutub yang sama, baik searah maupun bolak-balik, jangan digabung.
Jika anda pernah mengalami suatu sengatan listrik atau masalah lain dengan mesin las yang tidak bekerja dengan baik, hentikan dan hubungi pengawas dan pengawas listrik anda.
Pernahkah anda bertanya pada diri anda, “Mengapa saya harus direpotkan dengan penarikan kabel pengelasan terpisah untuk arde ?”  Inilah beberapa alasan yang dapat membantu anda untuk memahami pentingnya kabel dalam tanah (arde) :
  • Listrik menghantarkan arus pendek. Arus itu dapat mengenai anda tanpa kabel arde.
  • Listrik juga menghantarkan arus tahanan lemah. Arus tahanan lemah dapat mengenai anda tanpa adanya kabel arde.
  • Peralatan pabrik dapat rusak atau hancur langsung pada setiap pekerjaan dengan tanpa adanya arde yang terpisah.
Yakinkan selalu diri anda bahwa anda telah memasang kabel dalam tanah dengan tepat, setiap alat kerja dalam keadaan baik, lengkap, berjalan aman. Arde kembali melalui baja bangunan, gantungan, pipa-pipa udara, rantai-penarik, alat pengangkat, elevator, dan arus yang sama tidak dapat diandalkan.
Jadi, Ingat – Jangan biarkan siapapun juga atau anda sendiri berfungsi menjadi arde. Biarkanlah kabel terpisah dalam tanah yang sudah dirancang menjadi pengantar arus tersebut.

http://www.artikelk3.com/keselamatan-pengelasan.html 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar