Senin, 26 Maret 2012

perilaku konsumen

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Sari Husada dan PT Sumber Alfaria Trijaya, Tbk. (Alfamart) bekerjasama dalam melakukan penjualan produk untuk keperluan bayi dan balita atau Mini Baby Universe (Dunia Si Kecil) di gerai mini market Alfamart Bukit Duri Selatan Jakarta Selatan,
Peresmian program Mini Baby Universe dilakukan oleh Chief Operating Officer (COO) Grouppe Danone, Bernard Hours, yang didampingi oleh jajaran direksi Sari Husada dan jajaran Direksi Alfamart.
Sari Husada memiliki sejarah yang panjang di Indonesia dengan produk-produk yang didedikasikan untuk memenuhi kebutuhan gizi ibu dan anak, tampilan Mini Baby Universe (Dunia Si Kecil) di bangun untuk mempermudah konsumen khususnya ibu dan orangtua mencari keperluan berbelanja balitanya.
Selain itu, project Mini Baby Universe bertujuan menciptakan pengalaman belanja yang nyaman dan unik bagi konsumen dan pembeli produk bayi khususnya para ibu.
Presiden Direktur Sari Husada Boris Bourdin mengatakan, sebagai perusahaan penghasil produk nutrisi ibu dan anak, pengembangan Mini Baby Universe dilatar belakangi dari penelitian tentang perilaku konsumen di toko Alfamart, dimana 40% dari pengunjung menghabiskan waktu sekitar tiga puluh menit sampai satu jam untuk berbelanja.
“Salah satu temuan yang paling unik, khusus kategori susu anak adalah pembeli haus akan pengetahuan tentang kebutuhan nutrisi untuk anak," ujar Boris di Jakarta, Selasa (13/3/2012).
Dalam penelitian tersebut juga disimpulkan bahwa pengunjung toko masih menemukan kesulitan menemukan produk yang ia butuhkan di dalam toko, sedangkan untuk kategori susu, 70% pengunjung akan berpindah ke toko lain jika tidak dapat menemukan produk yang ia cari.
”Gerai Alfamart khusus produk bayi ini akan lebih mendekatkan kami dengan pelanggan, di sini pengunjung dapat menjumpai produk-produk pilihan yang diinginkanya,” kata Feny DJoko Susanto, Presiden Direktur Alfamart.
Presiden Direktur Alfamart Feny Djoko Susanto menambahkan dengan mini baby universe diharapkan Sari Husada dan Alfamart dapat menjawab kebutuhan dan keinginan pengunjung toko ketika berbelanja.
Perubahan yang dilakukan dalam konsep mini baby universe ini adalah dengan melakukan pengelompokan seluruh kategori produk bayi (susu, popok, perlengkapan, toiletries) menjadi satu kesatuan sebagai fokus perhatian dari toko.
Konsep Mini Baby Universe juga melakukan segmentasi kategori yang sangat jelas dan berdasarkan pada 360 minggu perjalanan seorang Ibu sampai anak tumbuh di usia 6 tahun. Selain itu, dilakukan upaya untuk mempermudah navigasi belanja pengunjung toko dengan melakukan pengelompokan kategori dan penempatan petunjuk kategori.
Pengunjung juga akan mendaptkan edukasi mengenai baby category melalui pemasangan panel-panel edukasi.
" Untuk tahap awal, Mini Baby Universe dibangun di tiga gerai Alfamart, selain bukit duri selatan, kami ada di Cempaka Mas dan Cileungsi Bogor, dan tidak tertutup kemungkinan akan dikembangkan lagi ke toko yang lain,” tandas Feny.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar